Lagu Untuk Beberapa Momen Tertentu Dalam Hidup

Mungkin saya tidak bisa hidup tanpa mendengarkan musik. Menjadi tuli adalah mimpi buruk terbesar bagi saya. Buat saya yang saban hari hidupnya begitu-begitu aja, musik adalah penunjang utama fragmen-fragmen kehidupan agar semua terasa lebih hidup (apalah bahasa saya ini). Intinya, musik itu penting, bagian dari hidup dan menjadi pengingat momentum.

Maka daripada itu dalam post pertama di tahun 2017 (sekaligus post pertama setelah beberapa bulan absen), saya akan bagikan sedikit beberapa soundtrack hidup saya berdasarkan momen-momen tertentu dalam hidup. Saya malas dan kurang berdedikasi untuk ikutan 30 days challenge, jadi sekalian aja dijadikan satu post ini. Selamat menyimak,

 

Lagu Ketika Pulang Kantor

WYND – Overload

Bagi saya lagu ini semacam pelepasan stress di kepala ketika pulang kerja larut malam. Vibe yang dibawa cenderung slow tapi tidak sampai melodramatis. Coba denger pake earphone dan dengerin sambil jalan pulang dari kantor.

Lagu Untuk Teman Kerja

Rich Chigga – Seventeen

Kenapa Rich Chigga? oke, pertama kalau saya denger lagu di radio, pilihan lagunya selalu top 40 yang semuanya udah overplayed (hai Chainsmoker!), efeknya saya jadi ikutan sing along dan itu ganggu konsentrasi. Kedua, lirik di Seventeen ini padat banget, tidak seperti Dat Stick atau Wo That B yang masih diikuti (jadi ya artinya pasrah aja ngikutin lagunya, gak perlu maksa ngerap juga). Ketiga, bass dropnya hacep.

Lagu Pengantar Tidur

Olafur Arnalds – Near Lights

Kalau boleh jujur, agak bingung pilih kategori ini karena koleksi playlist tidur saya banyak banget karena hobi tidur. Saya tidak ingat kapan pertama kali mendengar karya Olafur Arnalds, tapi entah kenapa suka sekali dengan aransemennya. Pada dasarnya instrumen Olafur Arnalds bermain di piano, cello dan biola. Nada Icelandic ala Sigur Ros juga kencang di sini. Sejak lagu ini jadi lullaby, saya jadi lupa kapan terakhir kali mendapat mimpi buruk

Lagu Ketika Berangkat Kerja

Elephant Kind – Beat the Ordinary

Lagu ini adalah sebuah penyemangat sekaligus ceramah tentang hidup. Tidak perlu kuatir tentang gagal atau sukses, tidak perlu kuatir tentang ambisimu, yang penting maju terus.

Lagu Teman Roadtrip

Float – Songs of Seasons

Roadtrip itu seru dan harus disertai soundtrack yang seru. Lagu ini seru banget!

Lagu Ketika Mood Kacau

Bon Iver – Holocene

Sebagai geminian yang suka labil saya memang butuh lagu-lagu penenang mood. Lagu ini memang ampuh untuk membangun mood jadi tenang dan damai. Lagu ini sangat diperhitungkan untuk bisa mengubah mmood dengan komposisi akustik gitar di awal, brass section di tengah plus lirik yang meneduhkan (Ya Allah, snob!). Intinya coba dengerin aja deh lagunya.

Lagu Ketika Putus Cinta

Jevetta Steele – Calling You

Lagu ini depresif maksimal, jangan didengerin terlalu lama. Udah itu aja …

Lagu Ketika Iseng Keliling Jakarta Menjelang Subuh

Agustin Oendari – Selamat Pagi Malam

Mungkin pendapat saya akan Jakarta-sentris, tapi percayalah Jakarta itu magical di malam hari. Gedung-gedung tinggi, lampu-lampu meriah, jalanan sepi dan orang-orang malam yang terjaga. Lagu ini sebuah pelengkap sempurna agar semua tampak melankolis dan manis.

 

Sementara itu dulu beberapa pilihan lagu dari saya, mau didengarkan silakan atau kalau ada masukan lagu lain monggo dishare. Semua kembali lagi ke selera. Mau putus cinta terus dangdutan ya monggo (belakangan nyimak lirik lagu-lagu dangdut populer, ternyata isinya banyak yang depresif). Satu hal yang jelas, lagu-lagu tersebut secara disadari atau tidak, hadir sebagai bentuk kecil kita dalam mensyukuri dan merayakan hidup.

2 Comments Add yours

  1. enjeju berkata:

    Bang, saya nyumbang lagu saya dong buat di review, asik buat didengerin sambil tipsy

    Suka

    1. hmmm ada ratenya yah kalau mau minta direview #komersil

      Suka

Tinggalkan komentar